Kamis, 05 Januari 2012

Berani Bercita - Cita

Pertengahan 1970-an. Bocah itu masih duduk di kelas dua SD. Dari satu-satunya televisi di kampungnya di Singosari, Malang, ia 'mengenal' anak-anak Barat seusianya. Ia pun membayangkan betapa menyenangkan bermain dengan anak-anak itu. Ia ingin berbincang dengan mereka, menggunakan bahasa mereka. Ia ingin menulis surat pada mereka. Bagaimana caranya? Ia tak tahu. Ia hanya bisa memendam keinginan itu.

Berlalunya tahun mengantarkan anak itu ke bangku SMP, sekolah pertama yang mengenalkannya bahasa Inggris. Tanpa ia sadari, ia begitu antusias dengan pelajaran itu. Bahasa Inggris menjadi pelajaran favoritnya. Apalagi ia mendapat guru yang disebutnya sangat asyik mengajar. Guru yang bukan hanya mencatat di papan tulis serta berbicara di depan kelas, namun sesekali memutarkan kaset lagu-lagu berbahasa Inggris dan meminta murid-muridnya mencatat lirik lagu tersebut. Ia tak pernah melupakan Pak Yono, gurunya itu.
Anak itu segera menjadi terbaik dalam bahasa Inggris di sekolahnya. Ia tidak pernah ikut kursus sekalipun. Tapi, bahasa sama sekali bukan hambatan baginya buat bergiat dan berprestasi di perusahaan multinasional. Tujuh tahun berkarier ia berhasil menjadi direktur dengan jangkauan sembilan negara. Ia bisa duduk sama tinggi dan berinteraksi dengan para eksekutif Barat kawan-kawan kerjanya. Ia bisa lakukan semua itu secara nyaman dengan tetap mempertahankan nilai-nilai yang menjadi keyakinannya. Ia bahkan tetap berjilbab.
Di saat bersama para koleganya, dan menjadi satu-satunya Melayu di tengah kawan-kawan Baratnya, ia acap tersenyum pada diri sendiri. "Waktu kecil saya ingin berteman dengan anak-anak Barat, sekarang terlaksana."
Cerita itu hanyalah salah satu kisah tentang pencapaian manusia yang tertuntun oleh cita-citanya di masa kecil. Ada ribuan bahkan jutaan kisah serupa yang dapat kita gali dari seluruh penjuru dunia. Inti kisah itu adalah sama: obsesi atau cita-cita masa kecil akan mengantarkan pada keberhasilan di masa dewasa.
Kisah semacam itu bertebaran di dunia olahraga. Para penggemar tinju tak akan pernah mendapati Chris John menjadi juara dunia kalau petinju Banjarnegara itu tak terpesona pada ayahnya yang menjadi petinju amatir. Para penggemar sepak bola tak akan pernah mengenal nama Nakata bila ikon sepak bola Jepang itu tak terobsesi dengan tokoh komik Tsubasa. Penggemar catur tak akan mengenal nama Karpov bila seorang Rusia kecil dengan bakat lemah tak nekat menembus hujan-hujan salju buat berlatih lantaran mimpinya menjadi pecatur besar.
Banyak guru, dokter, insinyur, arsitek, seniman, perajin, penulis, pilot, polisi, tentara, diplomat, periset, montir, tukang, akuntan, pemasar, bahkan pebisnis maupun kiai, sukses lantaran cita-citanya di masa kecil. Bagi mereka semua, cita-cita menjadi semacam tonggak yang akan memandu ke mana perlu melangkah. Dengan tonggak pemandu itu langkah menjadi terarah. Selain itu, langkah juga menjadi lebih berenergi lantaran cita-cita memiliki daya dorong luar biasa buat meraih keberhasilan. Bila kita tahu begitu dahsyat peran cita-cita bagi keberhasilan setiap orang, mengapa kita tak menggelorakan cita-cita?
"Gantungkan cita-citamu setinggi langit," begitu nasihat lama mengajari kita. "Berazam-lah (miliki kemauan yang tegas dan jelas), lalu bertawakallah," kata Tuhan yang tersebut dalam Alquran. Tapi, kita cenderung mengabaikannya. Padahal, bercita-cita jelas kunci pertama untuk meraih sukses. Padahal, bercita-cita tak memerlukan modal apa pun. GRATIS. Ketiadaan cita-cita yang membuat kita sulit ke mana-mana. Akibatnya, bangsa ini juga sulit ke mana-mana.
Sekarang saatnya mengakhiri keadaan itu dengan menggelorakan semangat 'berani bercita-cita'. Seluruh bangsa ini harus berani bercita-cita. Semua harus menyeru berani bercita-cita. Saya menyebarkan semangat itu lewat tulisan ini, maupun lewat jaringan Gerakan Masyarakat Sentosa di tingkat akar rumput. Selain itu, tentu setiap orang tua harus membimbing anak-anaknya agar berani bercita-cita; setiap pemimpin harus mengajak rakyatnya berani bercita-cita, setiap politisi mengajak semua pendukungnya berani bercita-cita, setiap ustaz mengajak umatnya berani bercita-cita, juga setiap guru tak berhenti memompa keberanian anak didiknya bercita-cita.
Alangkah dahsyat negeri ini ketika semua guru bertindak demikian hingga setiap anak SD memiliki cita-cita yang jelas sebagaimana murid kelas dua di Singosari, Malang, itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Download

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management